Cara Merawat Printer DTG


Hallo sobat pencinta kaos sablon ditanah air, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara merawat mesin DTG yang efektif.
Mesin Printer DTG adalah mesin printer kertas  (Penarik kertas )yang sudah di modifikasi menjadi mesin printer (penarik kaos)DTG ( Direct To Garment ). Jadi karena mesin tersebut hasil modifikasi maka tidak sedikit pula masalah yang timbul pada mesin tersebut.
Nah pencinta sablon DTG kita akan ulas bagaimana caranya merawat mesin printer DTG yang efektif agar menjadi bekal saat menjalankan usaha printer sablon DTG. Apalagi buat kalian pemula usaha dibidang sablon DTG.Yuk kita bahasa sama sama !!!

Perawatan Head Printer 
  • Suhu ruangan : suhu ruangan yang baik untuk mesin printer DTG dianjurkan 25-29 Derajat Celcius, Supaya tinta tidak cepat mengental dan mengakibatkan mampet.
  • Machine breaks : Istirahatkan kerja mesin setelah cetak sablon dalam jumlah banyak, agar mesin tetap stabil dan tidak error.
  • Head care : Jaga kondisi head agar selalu lembab dengan meneteskan cairan head cleaner ke capping station.
  • Head cleaning : Lakukan sesering mungkin proses cleaning jika order tidak banyak, hal ini agar head printer tetap terjaga dan tidak mampet. Lakukan juga proses Check Nozzle. Pada saaat buka atau tutup toko wajib melakukan head cleaning.

Selain Head Printer DTG ada beberapa hal yang harus diperhatikan perawatan atau kebersihannya antara lain  :

Wiper Blade

Wiper Blade berfungsi untuk mengusap permukaan head printer setelah proses head cleaning bekerja agar nozzle selalu terjaga kebersihannya dan juga supaya head bersih dari debu dan kotoran. Biasanya diseballah kanan printer ada lubang untuk menaikkan wiper tersebut dengan menggunakan obeng. Setelah wiper naik segera lakukan pembersihan pada bagaian tersebut dengan menggunakan cotton but atau dengan alat khusus yang biasa dipakai teknisi yaitu "Swam foam Stick" proses pembersihan memakai cleaner agar dapat mengangkat kotoran pada wiper blade. Bersihkan Wiper 2 hari sekali jika order kaos banyak tetapi jika order kaos sepi lakukan 1 minggu atau 2 minggu sekali.

Encoder Strip

Encoder Strip berfungsi sebagai penunjuk jalan head printer, jika kotor atau berdebu maka carriage unit akan bergerak tidak beraturan tidak sesuai perintah maka wajib hukumnya untuk menjaga kebersihannya. Bersihkan Encoder Strip cukup seminggu sekali dengan menggunakan cleaner standar.

Selang Tinta

Selang tinta adalah modifikasi tambahan untuk menggabungkan tinta dengan tinta yang berada di catrigde. Sangat perlu diperhatikan juga arus kelancaran tinta dari selang tersebut , jika terdapat angin pada tinta harus dibuang anginnya agar dapat cetak stabil.

Demikian ulasan AR DTG tentang cara merawat Printer DTG yang baik. Semoga bermanfaat untuk para pencinta sablon DTG.